Sekilas tentang PPK-IPM Provinsi Jawa Barat

propinsi.jpg

Penetapan target pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 80 pada tahun 2010 sebagai salah satu indikator makro keberhasilan pencapaian Visi Jawa Barat, menunjukkan komitmen yang kuat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengakselerasi pencapaian kesejahteraan masyarakat Jawa Barat dengan target IPM 80 di tahun 2010. Akselerasi tersebut sangat diperlukan karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyadari pentingnya untuk menyiapkan diri dalam mengantisipasi dampak globalisasi di Indonesia.

Untuk menjalankan misi akselerasi pencapaian IPM 80 di tahun 2010, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan Program Pendanaan Kompetisi  Akselerasi Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Jawa Barat selanjutnya disingkat menjadi ”PPK-IPM” yang fokus pada kompetisi kinerja kabupaten/kota di dalam menggalang sinergi dengan pemerintah provinsi dan elemen-elemen stakeholder di masing-masing kabupaten/kota masing-masing, meliputi: SKPD terkait, masyarakat sasaran, LSM setempat, perguruan tinggi atau lembaga pendidikan setempat, swasta/perusahaan setempat serta pihak-pihak lain yang berkomitmen membangun daerah. Implementasi PPK-IPM ini berbasis kepada kinerja, tingkat kompetisi yang tinggi, serta prinsip akuntabilitas melalui pengendalian secara periodik.

Memang kompetisi tidak akan menyelesaikan semua persoalan, tetapi ia merupakan kunci untuk membuka kemacetan birokratik yang seringkali terjadi di lingkungan pemerintahan. Desentralisasi akan lebih menjamin efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas, serta membuka peluang bagi inovasi. Kompetisi dan desentralisasi, dengan kata lain, merupakan kata-kata kunci di dalam sistem manajemen pemerintahan modern. Keduanya merupakan pilihan-pilhan strategis dalam pengembangan organisasi pemerintahan yang pada gilirannya akan menciptakan suasana kerja yang konstruktif, yang mendorong aparat bekerja lebih keras dan kreatif.

Semoga bermanfaat dan selamat berkompetisi.

Satu Tanggapan

  1. Mudah-mudahan kenyatan di lapangan seperti yang diharapkan. Supaya kita bisa maju bersama-sama tanpa terhalang yang namanya birokrasi.

Tinggalkan komentar